Beranda | Artikel
Sujud Sahwi
Rabu, 13 Maret 2024

Bersama Pemateri :
Ustadz Musyaffa Ad-Dariny

Sujud Sahwi ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Kitab Shahihu Fiqhis Sunnah wa Adillatuhu yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Musyaffa Ad-Dariny, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 30 Sya’ban 1445 H / 11 Maret 2024 M.

Kajian Tentang Sujud Syukur

Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan di akhir shalat karena lupa. Lupa tersebut menjadikan shalat seseorang menjadi cacat, dan dengan sujud sahwi ini, kecacatan tersebut bisa dihilangkan atau ditutupi.

Sujud sahwi merupakan permasalahan yang sangat penting untuk kita bahas, karena banyaknya permasalahan yang ada di dalamnya. Sampai ada beberapa ulama yang menulis kitab khusus yang membahas tentang sujud sahwi, di antaranya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Rahimahullah, dan ada juga ulama-ulama lain yang menulis kitab khusus tentang sujud sahwi. Hal ini karena banyaknya permasalahan yang ada dalamnya.

Sebagai catatan, kitab yang terkenal yang dikarang oleh Syaikh Muhammad Nasiruddin al-Albani, yaitu “Sifat Shalat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,” tidak membahas tentang sujud sahwi, sehingga yang belajar shalat dari kitab atau buku tersebut masih harus menambah pengetahuannya tentang sujud sahwi dari kitab yang lain, karena tidak dibahas di sana.

Kita sudah sampai pada pembahasan hadits-hadits inti yang menjelaskan tentang sujud sahwi, dan kita kemarin menyebutkan enam hadits yang berkaitan dengan hal tersebut. Pembahasan sekarang tentang apa saja yang menyebabkan sujud sahwi. Disebutkan di sini ada tiga, yaitu: kekurangan, tambahan, dan keraguan. Tiga sebab ini sebab utamanya adalah karena lupa.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53999-sujud-sahwi/